-->

Dampak Sering Mengganti Template Blog



Dampak Sering Mengganti Template Blog
Dampak Sering Mengganti Template Blog - Sahabat blogger, pada postingan yang lalu bang dadan pernah membuat artikel tentang How To Instal Blogger Template, namun pada kesempatan kali ini bang dadan akan coba membuat sebuah artikel tentang Dampak Sering Mengganti Template Blog.

Terkadang banyak orang menilai mengganti template blog hanya akan mengakibatkan dampak negatif saja terhadap blog, tapi kita jang menjastis seperti itu dulu tidak semua perilaku mengganti template itu buruk, pasti ada juga efek positif untuk kita ketika sudah melakukan pergantian template tersebut.
Disini saya akan menjelaskan dampak positif dan negatif karena seing mengganti template blog.
Sebelum saya menyebutkan dampak-dampak tersebut saya akan menyampaikan sepatah kata, pertama saya berterimakasih banyak kepada Allah SWT dan Beserta ke-2 orang tuaku, karena kemarin 20 januari alhamdulillah saya selesai sidang skripsi, dan terimakasih juga kepada teman-teman blogger. kedua saya jg merasa tidak enak hati karena ada salah satu artikel ini yang mungkin disalahgunakan oleh beberapa pihak, sehinggan ada sebagian artikel yang sebenarnya tidak saya tutup namun saya protek karena alasan tersebut, saya tidak mau artikel-artikel di Blog ini dijadikan komersial oleh sahabat-sahabat blogger yang lain.

Oke langsung saja pada topik pembahasan kali ini tentang Dampak Sering Mengganti Template Blog, artikel ini bang dadan ambil dari salah satu blog yaitu Candra Junie Weblog dan Tumorang Kreasi IT.
Saya pribadi mengucapkan terimakasih kepada beliau atas sharingnya artikel ini.
Dan bagi sobat yang memerlukan pengetahuan ini silahkan baca dibawah ini:

Dampak Sering Mengganti Template Blog

A. DAMPAK POSITIF
Kita semakin mahir dalam menggunakan template, mengapa demikian ?
Karena setiap kita mengganti template, pastinya kita harus setting ulang template anda. karena semua settingan template anda terutama html yang sudah anda setting terformat semuanya. jadi kita semakin terbiasa dengan yang namanya script-script pada template.
Dari pernyataan yang pertama, secara tidak sengaja kita menjadi terbiasa dengan script-script, sehingga kita menjadi hapal dengan script-script yang sering kita lakukan. Secara tak sengaja juga, mudah-mudahan kita bisa membuat template sendiri.Setelah kita bahas dampak positif, skarang Tumorang akan membahas dampak negatif juga.

B. DAMPAK NEGATIF
Melelahkan, karena harus setting ulang lagi saat kita ganti template.
Pengunjung menjadi bingung, seharus nya pengunjung setia blog anda hapal dengan tata layout nya, menjadi bingung dan tidak mau lagi berkunjung ke blog / web anda. Sama halnya seperti facebook ( kita misalkan ). Andaikata facebook selalu gonta-ganti layout nya, apakah perasaan anda ? begitu juga perasaan Pengunjung setia anda.
Seo kita menjadi menurun. Dalam hal ini Tumorang tidak begitu tahu apa sebabnya seo kita menurun. tapi yang jelas, seo kita akan menurun sedikit demi sedikit, lama - lama menjadi bukit. [Tumorang Kreasi IT]
Keseringan anda mengganti template blog tersebut sangat tidak baik, meskipun dengan mengganti template blog akan semakin indah dan menarik penampilan nya.
Kenapa ada efeknya?
Efek tesebut terjadi karena kita akan menambahkan beberapa link dan mengganti beberapa link diblog sehingga terjadi crawled error pada blog semakin bertambah.

Saya akan bercerita pengalaman saya tentang gonta ganti tamplate. Tetapi, saya ringkas menjadi point-point yang mungkin bisa menjadi referensi buat pembaca sebelum mengganti template blog pembaca. Efek samping gonta-ganti template adalah sebagai berikut :

1. Banyak broken link
Broken link atau link yang rusak menjadi faktor utama kenapa gonta-ganti template itu tidak baik bagi blog kita. Admin blog sering mendapati di webmaster bahwa blog ini semakin banyak broken linknya setelah gonta-ganti tamplate.

2. Turunnya Traffic visitor ke blog kita


Traffic visitor
Lihat Garis Merah Pada Gambar

3. Robot pencari, akan mengalami "kebingungan" dan Susah terindex
Template ibarat sebuah rumah, jika dirubah-rubah efeknya dapat membuat robot pencari susah meng index situs kita. Karena si robot akan membaca ulang susuan situs kita. Kalau dibahasa kerenkan SE mengalami crawl (aktifitas dimana seacrh engine melakukan pengumpulan data pada blog atau lebih singkatnya melakukan pengindexan terhadap blog dan memberikan peringkat serta menyusun dan menata halaman dalam bentuk index terstruktur agar lebih mudah dicari dalam waktu singkat)

4. Alexa Rank Blog bisa terjun bebas

Ini momok tidak kalah penting, yang saya alami, gan... Alexa sebagai indikator kualitas situs kita terjun bebas gan dari posisi sebelumnya... tetapi sekarang Alhamdulillah mulai bangkit lagi, moga aja bisa ke level terbaiknya.

5. Membuang-buang waktu

Secara nyata mengganti tamplate membuat waktu ideal kita untuk mempostingkan sebuah artikel jadi terbuang sia-sia karena kita sibuk melakukan setting awal, seperti kala kita memulai blogging diawal kita menjadi blogger dulu.

6. Pengunjung menjadi sering menemukan blog kita dalam kondisi yang tidak sedap Ini adalah imbas dari kita yang sedang melakukan perbaikan di blog kita. Pengunjung akan mendapati blog kita dalam kondisi yang kadang bisa dikatakan Error. Parahnya lagi pengunjung akan mengalami kebingungan dengan blog kita.

7. Widget yang sudah tertanam menjadi kacau

Inilah efek umum yang sering dialami. widgate di template lama sering menjadi kacau akibat susunan dari template baru yang tidak sesuai dengan susunan di template lamaItulah konsekuensi yang harus kita tanggung ketika kita menggonta-ganti tamplate blog dan itu pun sudah pernah saya lakukan. mungkin bagi pengunjung yang baru berkunjung di blog ini meresa biasa saja.Tetapi, bagi pengunjung yang sering menemukan blog ini pasti akan sedikit mengalami kebingungan. [Candra Junie Weblog]

Kalau sobat berminat ingin mengganti template blognya silahkan ikuti caranya disini.

Saran
Bagi pembaca yang ingin mengganti template bisa memperhatikan saran berikut ini :
  • Backup template lama anda / simpan di notpad
  • Sebelum dipasang ke blog inti alangkah baiknya sobat coba dulu pada blog demo sobat.
  • Pelajari terlebih dahulu struktur/isi dari template baru dan template lama.
Mungkin cukup sekian artikel ini tentang Dampak Sering Mengganti Template Blog, semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Terimakasih..!!!
Labels: blogger tutorial, template, tips trick

Thanks for reading Dampak Sering Mengganti Template Blog. Please share...!

8 Comments on Dampak Sering Mengganti Template Blog

  1. Saya setuju untuk poin 1,5, dan 6 mas ...
    untuk yang lain, penyebutan istilahnya saja yang membuat saya jadi bingung mas ... semoga aja blogger yang lain ga bingung ... maklum saya ini pemula ..

    Contoh : benarkah trafickking ? apa tidak traffick saja mas ..nanti ada yg salah mengartikan, contohnya saya mas..
    dan istilah lain .. widgate ? mungkin maksud mas widget mas..

    Masalah Alexa bisa di atasi mas.. kalau kita ingat dengan 'apa yang telah kita lakukan' terhadap template blog... simpan yang kita ingat itu, dan terapkan di template yang baru..

    Saya sendiri sering ganti template, tapi Alexa saya tetep saja .. tidak terjun bebas..

    Maaf kalau komentar ini salah ...

    Hapus saja mas kalau tidak berkenan .. maaf.. sy tdk bermaksud apa2... hanya kritik saja mas..

    Keep Blogging ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas koment'y aku lebih senang komen yg seperti ini, sehingga membuat aku jadi klarifikasi utk ke depan'y..
      Oy utk kesalahan karena penulisan kata maaf mas saya jg masih baru dlm dunia blogger dibanding mas kali, itu kebiasaan jelek saya kalau menulis seperti kata widgate,, emg sebenarnya harus widget tapi karena kebiasaan mash jd lupa terus. hehe
      sampai2 masih ada label ku yg nama'y widgate blm aku ganti.
      Sekali lg makasih mas, aku jadi di ingatkan..!!
      Salam blogger..!!

      Delete
    2. Wah ... saya jadi ga enak mas.. saya bukan bermaksud apa2 lho mas... saya senang diskusi mas ..

      Salam blogger...

      Delete
    3. Gpp mas, saya malah senang banget ada yang bisa mengoreksi, jd saya bisa lbh baik lg utk ke depan'y..!! dan karena tulisan itu jg hasil kutipan dr blog orang, mas,, maklum saya gak pandai menulis.. hehe ajarin ya mas ??
      Insya Allah saya jg senang diskusi mas..!!

      Delete
  2. artikelnya bagus mas, bisa nambah pengetahuan saya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukses selalu kawan,, semoga bermanfaat ya ??

      Delete
  3. memang sangat terasa sekali dampak negatifnya, saya sendiri merasakan turunnya visitor di blog saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, artikel yang udah terindeks di serp gugel jd pada ilang

      Delete

Back To Top