-->

Definisi dan Manfaat Robots.txt untuk Blog



Definisi dan Manfaat Robot TXT untuk Blog
Definisi dan Manfaat Robots.txt untuk Blog - Sahabat blogger, sebelum kita memasang robots.txt pada blog, kita perlu tahu pengertian/definisi serta manfaat robot.txt terlebih dahulu, jangan semata - mata menemukan artikel tentang cara pemasangan robot.txt yang baik misalnya di blog orang, kita langusng saja menerapkan nya pada blog kita sendiri tanpa tahu dampak yang akan terjadi nantinya, maka hati - hatilah karena pemasangan robot.txt ini berhubungan dengan google webmaster tools. pengalaman pribadi selama menggeluti dunia blogger saya mendapatkan informasi dari para sahabat-sahabat blogger sebagian ada yang suruh memasang dan sebagian sahabat lagi ada yang suruh jangan memasang robot.txt itu. nah agar kita tidak agu lagi maka terlebih dahulu pelajarilah manfaat dan fungsi robots.txt itu.

Untuk penggunaan fitur ini google sendiri memberi peringatan agar berhati - hati dalam menggunakan fitur robot.txt / Peryapan dan pengindeksan ini. sebagaimana peringatan yang ada dalam menu robot.txt ini adalah :
"Peringatan! Gunakan dengan hati-hati. Penggunaan yang tidak tepat dari fitur tersebut dapat mengakibatkan blog Anda diabaikan oleh mesin telusur".
Perayapan dan Pengindeksan (robot.txt)
Klik gambar untuk memperbesar

Jadi google sendiri menjelaskan bahwa ada pengaruh terhadap mesin telusur, search engine google.

Nah, untuk dalam postingan ini bang dadan akan coba menjelaskan terlebih dahulu Definisi dan Manfaat Robot.txt untuk Blog, sebelum nanti kita menggunakan robot.txt yang benar. Berikut penjelasan tentang :


Definisi dan Manfaat Robots.txt untuk Blog

A. Definisi Robots.txt untuk Blog


Robots.txt adalah Sebuah file dengan sebuah fungsi yang di gunakan untuk membatasi akses robot mesin pencari (Search engine misal : Google,Bing,Yahoo) yang sedang menjelajahi atau membuka situs web yang anda miliki . Sebelum mereka mejelajahi halaman web, mereka memeriksa terlebih dahulu untuk melihat apakah sebuah file robots.txt ada ataukah tidak , dan di dalam robots.txt ada perintah (command) yang mencegah mereka mengakses untuk halaman tertentu.

Kita memerlukan robots.txt agar robot-robot itu tidak mengindex halaman di search engine (Google,yahoo,Bing) yang tidak kita inginkan , karena mungkin ada beberapa halaman web yang tidak ingin di index oleh search engine. Dan jika kita ingin semua content di web kita di index oleh mesin pencari kita tidak membutuhkan robots.txt . [Afeef go Blogs]

B. Manfaat Robots.txt untuk Blog

Dalam hal optimasi SEO, kemampuan Robots.txt yang dapat mengarahkan spider bot mengcrawling halaman yang ditargetkan bisa kita manfaatkan untuk mengarahkan spider bot pada halaman penting seperti halaman konten agar konten tersebut cepat terindex oleh search engine.

Saat spider bot memutuskan untuk mengcrawl situs, situs akan kehilangan bandwidth dalam jumlah yang tidak sedikit. Bila beberapa directory tertentu misal pada directory search kita batasi aksesnya maka ini akan menghemat bandwidth dan kegagalan spider bot dalam mengcrawl blog kita karena akses situs yang kurang baik akan teratasi sehingga spider bot bisa dengan leluasa merayapi seluruh isi konten sampai tuntas.

Di lain sisi bila halaman index yang di dapat search engine pada sebuah situs dinilai sangat berkualitas maka situs tersebut akan memiliki peluang besar untuk masuk halaman pertama. Hal ini akan berbeda jauh hasilnya dibandingkan dengan situs yang memiliki banyak halaman index namun dengan konten yang kurang berkualitas dan cenderung hanya menampilkan banyak link didalamnya contonya situs AGC. [Nurulcall].

Nah setelah membaca artikel diatas, mudah - mudahan sobat sudah tau sedikitnya tentang Definisi dan Manfaat Robot TXT untuk Blog, jadi silahkan sobat gunakan baik - baik pitur Perayapan dan Pengindeksan google itu melalui robot.txt.

Semoga artikel ini bermanfaat buat para blogger semua, bang dadan ucapkan terimakasih kepada sahabat blogger yang sudah share baik definisi atau manfaat dari robots.txt tersebut. dan apabila diantara sobat ada yang mau memasang Kode Robot.txt ini silahkan kunjungi artikel tentang Cara Memasang Kode Robots.txt yang baik. Terimakasih dan sampai jumpa..!!!
Labels: blogger tutorial, seo, webmastertools

Thanks for reading Definisi dan Manfaat Robots.txt untuk Blog. Please share...!

65 Comments on Definisi dan Manfaat Robots.txt untuk Blog

  1. saya baru memahami apa dan bagaimana robot txt itu sebenarnya setelah saya membaca artikel ini... terimakasih kawan sudah berkenan berbagi informasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kawan,,, Terimakasih juga telah berkunjung ..!!
      Semoga artikel ini bermanfaat,,,

      Delete
  2. cara memasangnya ke blog kita gimana sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. oke tar ane posting kode Robot.txt nya ya??

      Delete
  3. Untuk memasukkan robot.txt ke blog gimana mas, mohon bimbingannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kunjungi artike berikut sob, sudah saya jelaskan petunjuk pemasangannya.
      http://www.cbd.web.id/2013/02/cara-memasang-kode-robottxt-yang-baik.html

      Selamat mencoba,, semangat sob :-d

      Delete
    2. Terima kasih saudara,...atas penjelasannya tentang robot txt ini,..saya baru coba coba membuat blog,. saya sedikitpun tidak mengerti ,...dengan adanya penjelasan ini, saya menjadi mengerti. kalau boleh ,,apa saudara mau mengajari saya membuat blog ,..di blogspot,..karena saya masih buta tentang semuanya . tidak mengerti,..tapi,ingin belajar,......akhirkta,.. syaloom,..

      Delete
    3. Silahkan kawan dengan senang hati, belajarlah disini. dan kalau ada yg belum mengerti silahkan di tanyakan pada kotak komentar. :)

      Delete
    4. saya juga sama seperti mas jusup kacaribu, baru belajar blog. tapi saya belum paham betul tentang robots txt. apa gak usah pasang saja ya... biar gak bahaya.

      Delete
    5. sama aja gan, saya juga masih belajar.. memasang robot.txt jg baru kali ini, jadi pengen tahu hasilnya. tp memang harus hati2 dlm pemasangan robot.txt ini.

      Delete
  4. tkhs ya penjelasn robot txt. membant banget.
    tnya mas.. gmana cara meningkatkan kualitas blog pada kata kunci ttt ?
    tkhs infonya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan robot utk mempercepat proses pengindeksan, gunakan deskripsi penelusuran, sering2 cek dan perbaiki webmaster tools. :D

      Delete
  5. info yg akuratt,,, coz banyak jg info di blog tetangga yg menyesatkan, alih2 salah info malah blog kita dicuekin om google,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, kudu teliti dan hati-hati apalagi kalau main di webmaster tools.

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. kunjugi blogku ya,..
    http://dragonsaiyans.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. wah sangat membantu sob saya yang tadinya tidak susah terindex google jadi terindex
    blogwalkingya lampung-berbagi.blogspot.com jangan lupa folback ya sob
    #salam sejahteta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kawan,, semoga sukses..!!
      Oke nanti di follow :)

      Delete
  9. nice post, come back :)

    www.punyaanakcikupa.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. info yang sangat menarik ditunggu kunbal yaa...http://esmartgadget.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. info nya sangat membantu... terima kasih

    ReplyDelete
  12. makasih gan infonya...
    dengan pengetahuan yamg aku dapat dari artikel ini, aku jadi tahu mana yang harus aku pilih apakah pakai atau tidak. Maklum, aku masih pemula di blog, baru aja buat blog dan pinginnya SEO friendly..
    5 bintang untuk artikel ini...

    Kunjungi balik ya gan..

    r-oren.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kawan, lebiih banyakbelajar dan mencoba, maka semakin banyak pengetahuan yg kita dapat. :D

      Delete
  13. jadi robot.txt itu gunanya biar google search merayapi blog kita khusus konten nya aja ya? itu kan mas? oh iya ke blog aku juga donk www.kickymaulana.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, seperti itulah kira2 definisi dan fungsi daripada robot.tx
      Oke sob, nanti ane bw ke blog anda.

      Delete
  14. makasih mas info nya.
    http:kumpulan-terkini-93.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. untung aja ane ga jadi masang robot.txt :D
    tadinya mau ane pasang gan, kirain bakalan ngedongkrak seo..hiahaha
    nice info gan :D

    silahkan mampir ke blog ane gan :D
    http://linuxvariant.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun gak di pasang, robot.txt sudah ada sendiri tapi masih yg standar dr google.
      Oke nanti ane main2 kesana :D

      Delete
  16. Maaf gan,, kalau blog agan sendiri robot.txt nya diaktifkan atau ga.?:D

    ReplyDelete
  17. tolong berikan masukan di blog saya , saya sadar banyak kekurangan,, karena masukan anda lah yang akan membangun blog saya, terimakasih,, say masih newbe
    http://sang-1-tokoh.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah gan,,
      Sama sya jg msh belajar, jd kita sambil belajar aja bareng..

      Delete
  18. Terima kasih infonya.
    Lumayan buat jaga2 isi web yg gak perlu di share di mesin pencari nih :D

    ReplyDelete
  19. Penjelasannya membuat saya mengerti dasar dari file ini. Thanks, Anda cocok jadi pengajar. Saya akan lanjutkan belajar robot txt dengan pemahaman pertama ini.

    ReplyDelete
  20. wuih mantap mas,,

    baru tahu definisinya pdhl uda pakek robot.txt bbrp bulan dan di webmastr jg sudah oke gk eror robotnya tp stlah tau ini mlah bngung'e..wkwkkwk

    btw thanks mas,,

    http://kesehatan55.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah oke robot.txt nya gak perlu lihat ini lg gan. tapi tidak apa-apa sebagai acuan saja. atau nambah-nambah referensi. hehe

      Delete
  21. sipp kang infonya....matur suwun

    ReplyDelete
  22. Nice post,artikelnya sangat membantu
    yang cari baju couple mampir dulu kesini

    www.bajucouplefashion.com

    ReplyDelete
  23. aww terlalu sulit dipahami kata-katanya... We,, :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa cari artikel master blog yang lain, maklum saya masih belajar..

      Delete
  24. Salam kenal bang Dadan, artikel'ny sangat bermanfaat, dari dlu bingung sama kegunaan robot.txt ini dalam hal SEO..

    Btw mau nanya nih, saya baru aja mengunjungi webmaster tools, saya bingung dibagian Blocked URLs ada angka 16, itu maksud'ny apa yah?? Mohon maaf klo pertanyaannya terkesan newbie banget, maklum pengetahuan mengenai SEO masih minim.. :-D

    Satu lagi, udah beberapa minggu ini blog saya viewers'ny menurun drastis, dari ribuan perhari menjadi ratusan dan gak naik2 lagi. Ada artikel yg bisa membantu gak bang?? Salam..

    fajrin-dimension.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. mungkin ada yang bermasalah dari url tersebut, atau terkena virus walware.
      2. kalau yang ini bisa jadi banyak sekali faktornya, bisa karena jarang update, atau kalah di search engine nya. coba cari artikel tetangga untuk yg ini saya blm punya.

      Delete
  25. Nice Info Gan Sangat Berguna Bagi Saya Yang Masih Pemula


    Kalau Agan Bekenang Silahkan Mampir Di Blig Kecil Ane http://aditrizal6661.blogspot.com


    Makasih Gan

    ReplyDelete
  26. Nice Post gan :)

    ditunggu kunjungan baliknya ya :)

    satupijakan.blogspot.com

    tempat download semua aplikasi android apk, games, movie action dan horor, sudah dirangkum disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih gan..
      Siapp saling bw aja kita 😁

      Delete
  27. masih bingung mau pasang apa nggak gan
    www.luthfionline.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, pastiin dulu hatinya buat pasang robot 😁

      Delete
  28. Replies
    1. Harus hati² dan teliti gan klw mau pasang ini

      Delete
  29. Hey there, You have done an incredible job. I’ll certainly digg it and personally suggest to my friends. I’m confident they’ll be benefited from this site.
    http://pialaqq.best

    pokerace77

    ratudomino88

    arahqq

    asiaqq

    bagiqq

    ReplyDelete
  30. Terima kasih kak, karna blog kakak yang kakak buat ini sangat bagus dan mudah di pahami,sekarang saya menjadi lebih mengerti dan mengetahui tentang robot.txt serta kegunaan dan manfaatnya, blog kakak ini sangat membantu dan menambah pengetahuan saya.
    sukses terus ya kak,semangat dan jangan berhenti untuk berkarya.

    Perkenalkan saya Andini Indria Vinasty dari ISB Atma Luhur

    ReplyDelete
  31. Terima kasih kak, karna blog kakak yang kakak buat ini sangat bagus dan mudah di pahami,sekarang saya menjadi lebih mengerti dan mengetahui tentang robot.txt serta kegunaan dan manfaatnya, blog kakak ini sangat membantu dan menambah pengetahuan saya.
    sukses terus ya kak,semangat dan jangan berhenti untuk berkarya.

    Perkenalkan saya Andini Indria Vinasty dari ISB Atma Luhur

    ReplyDelete

Back To Top